cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Rahasia Membuat Bakpao Enak

BAKPAO menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi sebagai pengganti roti. Makanan khas China ini memang digemari sejak lama berkat kelembutan serta ragam isiannya.

Bagi Anda pecinta bakpao mungkin bisa membedakan bakpao enak dan tidak enak, namun pernahkah mengetahui bahan dan proses pembuatannya? Berikut beberapa hal terkait bahan dan proses pembuatan bakpao:

Tepung
Untuk membuat bakpao, tepung yang digunakan bisa bervariasi. Yang umum adalah tepung terigu protein sedang. Bisa juga tepung terigu protein rendah agar lebih ringan dan empuk, bahkan kadang dicampurkan tang mien (tepung kanji) agar ada rasa legit saat adonan digigit.

Warna putih dari bakpao yang dibuat dengan tepung terigu "biasa" akan kurang cerah. Supaya bakpao berwarna putih terang, gunakan pemutih (bleach) atau ganti tepung terigu dengan tepung hong kong khusus untuk bakpao.

Tepung hong kong
Untuk membuat bakpao dengan warna yang putih sekali, para chef dimsum menggunakan tepung hong kong (water flour). Di pasaran, Anda juga bisa menemukan adonan bakpao siap pakai dari Malaysia. Ikuti cara membuatnya sesuai petunjuk yang diberikan.

Pengembang
Ragi instan merupakan bahan pengembang utama untuk adonan bakpao. Untuk membantu proses pengembangan, tambahkan baking powder.

Ingin lebih gampang? Gunakan pengembang khusus untuk bakpao dalam bentuk do siap pakai yang banyak dijual di supermarket. Pengembang seperti ini sudah diberi ragi instan, bread improver, dan kadang-kadang pemutih.

Mengukus
Mengukus bakpao sebaiknya dilakukan sekaligus. Jika menunggu terlalu lama, bakpao akan mengempis. Oleh karena itu, siapkan dandang bersusun yang bisa memuat banyak bakpao sekali kukus.


close