cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Tips Merebus Telur Tanpa Cangkang

Merebus telur tanpa menggunakan cangkangnya bisa dilalukan dengan mudah jika tahu triknya. Anda tak perlu takut lagi jika bentuknya akan berantakan.

Berikut tip sederhana untuk membuat telur rebus tanpa cangkang dengan sempurna, seperti diulas Yumsugar:

Gunakan telur segar
Ciri-cirinya jika telur sudah lama, maka putih telur menjadi longgar, lebih encer, dan lebih sedikit kemungkinan bisa membentuk suatu massa kohesif di sekitar kuning telur ketika direbus. Lebih baik Anda  membeli langsung ke peternak ayam dan telur untuk mendapatkan telur segar.

Pecahkan dalam ramekin
Daripada memecahkan telur langsung ke dalam panci berisi air mendidih, lebih baik pecahkan dulu setiap telur ke dalam ramekin atau mangkuk cetakan sehingga hasilnya lebih lembut saat direbus, kecil pula kemungkinan untuk hancur.

Buang sedikit putih telur sebelum direbus
Jika menggunakan telur sedikit lebih tua, buang sedikit putih telur sebelum direbus. Pecahkan cangkang telur di atas wastafel lalu buang sedikit putih telur sebelum dipindahkan ke ramekin.

Tambahkan sedikit asam ke dalam air rebusan
Saat merebus telur, tambahkan cairan asam ke dalam air rebusan yang mau mendidih, jangan pada saat mendidih. Jenis cairan asam yang biasa digunakan, yaitu cuka putih. Cairan yang ditambah cuka putih akan membantu putih telur mengental dengan benar dan solid. Tambahkan sekira satu sendok makan cuka ke dalam air rebusan ketika buih didih mulai terlihat.

Aduk menggunakan ujung sendok kayu
Sebelum memasukkan telur ke dalam air rebusan, sebaiknya aduk air secara melingkar menggunakan ujung sendok kayu. Segera tarik sendok kayu dan keluarkan telur dari ramekin, lalu aduk air rebusan telur selama beberapa kali. Cara ini membantu putih telur tetap padat dan erat melekat pada kuning telur. Biarkan telur masak selama sekitra 2 menit atau kuning telur mulai matang dengan lembut.

Jangan rebus lebih dari dua telur
Telur yang direbus dalam satu kali proses, terdiri lebih dari dua butir telur, akan berpotensi saling menempel dan hasilnya bisa meleleh. Bentuknya juga tidak beraturan.

Pindahkan telur rebus ke atas tisu handuk di atas piring
Gunakan sendok berlubang yang sering digunakan untuk meniriskan makanan untuk memindahkan telur rebus ke atas piring yang telah dialasi kertas tisu. Jadi, airnya berkurang sebelum dipindahkan ke piring.

Jika Anda membuat telur rebus untuk jumlah banyak, lupakan menaruh di atas piring tetapi letakkan di dalam wadah mangkuk berisi air hangat sampai telur siap disajikan. Untuk memanaskan telur kembali, masukkan ke dalam panci dan rebus selama 20 detik.

Sumber: Okefood.com
close